Sejarah Pekan Olahraga Mahasiwa Nasional (POMNas)

Sejarah Pekan Olahraga Mahasiwa Nasional (POMNas)

Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) adalah ajang olahraga nasional antar provinsi untuk mahasiswa perguruan tinggi tingkat sarjana dan diploma di Indonesia. POMNas diadakan setiap 2 tahun sekali. POMNas diselenggarakan pertama kali di Yogyakarta pada tahun1990. Nomor urut penyelenggaraan selanjutnya didasarkan pada POMNas pertama tersebut. Penyelenggaraan POMNas merupakan tanggungjawab Pengurus Pusat Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (Bapomi).

Keberadaan POMNAS tidak terlepas dari sejarah perjalanan BAPOMI sebagai induk olah raga kemahasiswaan di Tanah Air. Pada awal 1950, perkumpulan dan organisasi olah raga mahasiswa telah terbentuk dan tumbuh berkembang. Di Jakarta telah membentuk suatu wadah olah raga mahasiswa yaitu UFIA (khusus untuk mahasiswa Jakarta UFI), di Bandung IOMA, dan di Bogor UFA yang telah mampu mengoordinasi dan melaksanakan kegiatan kegiatan olah raga mahasiswa.

Organiasi-organisasi itulah yang telah mendorong, menciptakan, dan mewujudkan suatu pertemuan para olahragawan dalam suatu Pekan Olahraga Mahasiswa (POM). POM I berhasil diselengarakan pada Desember 1951, di Yokyakarta. Kegiatan tersebut terus berlangsung secara kontinyu setiap dua tahun sekali.

POM IX/1971 di Palembang, tercatat sebagai POM terbesar yang diprakarsai mahasiswa sekaligus penyelengaraanya adalah mahasiswa, juga sebagai POM yang terakhir yang diselengarakan oleh BKMI (Badan Keolahragaan Mahasiswa Indonesia). POM berikutnya yang sedianya akan diselenggarakan di Bandung 1975, tidak dapat diselengarakan karena situasi dan kondisi waktu itu tidak memungkinkan.

Sejak 1974, praktis kegiatan olah raga mahasiswa tidak terkoordinasi. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan kemudian memprakarsai pertemuan di Bandungan, Jateng, pada 1978 dan dibentuklah tim Pembina olah raga mahasiswa tingkat nasional dan mengadakan Pekan Olahraga dan Seni Mahasiswa (Porseni) Nasional I pada 1978.

Setelah terbentuknya BKOMI pada 1980 yang kemudian berubah menjadi BAPOMI, penyelenggaraan POM diubah menjadi Pekan Olah Raga Mahasiswa Nasional. POMNAS pertama berlangsung di Yogyakarta pada 1990 dan selanjutnya yang menjadi tuan rumah pelaksanaan seperti yang tertera di daftar tuan rumah POMNAS di bawah ini:

PEKAN OLAHRAGA MAHASISWA TINGKAT NASIONAL (POMNAS)

Perguruan Tinggi sebagai institusi pendidikan berkewajiban bukan saja mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, akan tetapi juga berkewajiban menyiapkan mahasiswa menjadi calon pemimpin bangsa masa depan yang memiliki kecerdasan yang menyeluruh, baik intelektual, emosional, sosial, spiritual dan fisikal. Olahraga merupakan salah satu medium pendidikan yang mampumemberikan peluang bagi mahasiswa untuk mengembangkan nilai-nilai yang diperlukan dalam kehidupan sebagai calon pemimpin masa depan. Kegiatan olahraga yang kompetitif akan bermanfaat bagi mahasiswa untuk pengembangan kepribadian berkarakter yang mengandung nilai-nilai kecerdasan, ketrampilan, pengendalian emosional, disiplin, sportivitas, demokrasi, persatuan dan kesatuan, serta perdamaian.

Berdasarkan umur mahasiswa bahwa usia mereka merupakan “golden age” untuk meraih prestasi yang terbaik di bidang olahraga, oleh karena itu perlu adanya kesempatan bagi mereka untuk membentuk kepribadian yang berkarakter, sekaligus untuk meningkatkan prestasinya. Selain itu, diperlukan juga adanya koordinasi di antara Pembina atau pendamping/pembimbing kemahasiswaan dalam pengembangan olah raga kampus. Dengan dilatarbelakangi hal-hal tersebut di atas, maka dirasakan perlu diselenggarakan kegiatan Pekan Olahraga Mahasiswa Tingkat Nasional (POMNas).

Tujuan dan sasaran penyelenggaraan POMNas adalah untuk :

  1. Meningkatkan daya saing bangsa melalui kegiatan kemahasiswaan di bidang olahraga.
  2. Menjalin persahabatan antar mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia sebagai upaya untuk memperkuat rasa persatuan sebagai warga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
  3. Penyelenggaraan kegiatan POMNAS ini adalah setiap 2 tahun sekali. POMNAS pertama diselenggarakan pada tahun 1990 di Yogyakarta. Berikut adalah daftar tahun penyelenggaraan dan tuan rumah POMNAS :
  • POMNas I               1990           Yogyakarta
  • POMNas II              1992           Surabaya
  • POMNas III             1994           Medan
  • POMNas IV              1996           Makassar
  • POMNas V               1998           Kalimantan Timur
  • POMNas VI              2000         
  • POMNas VII             2001           Denpasar
  • POMNas VIII            2003           Pekanbaru
  • POMNas IX             2005           Bandung
  • POMNAs X              2007           Banjarmasin
  • POMNas XI             2009           Palembang
  • POMNas XII            2011           Batam (Kepri)
  • POMNas XIII          2013           Yogyakarta
  • POMNas XIV           2015           Aceh

 Untuk POMNas berikutnya, POMNas ke XV, yang akan diselenggarakan pada tahun 2017, direncanakan diadakan di Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.